Cara Bisnis Online Terbaik Untuk Pemula Tanpa Modal

Bisnis OnlineMemulai bisnis online sebenarnya tidak terlalu susah selama Anda sudah mengerti dasar dalam menjalankan sebuah bisnis online, utamanya dalam hal marketing atau pemasaran. Karena kunci bisa sukses atau tidaknya seseorang dalam bisnis online adalah tergantung dari bagaimana mereka memasarkan produk atau jasa yang mereka jual di internet.

Mudahnya, jika seseorang tidak mengerti strategi marketing online yang tepat maka bisa dipastikan dia tidak akan bisa mendapatkan untung besar dari bisnis yang ia jalani tersebut. Jadi intinya sebelum memulai menjalankan bisnis online maka kita wajib belajar internet marketing dulu.

Karena fokus dari artkel ini membahasa cara bisnis online bukan cara marketing online, jadi mohon maaf disini saya hanya akan menjelasakan mengenai apa saja bisnis online itu, dan tidak akan saya bahasa cara marketingnya, namun jika Anda ngotot ingin belajar marketing, maka silahkan pelajari di artikel berikut ini

Kita kembali ke topik tentang belajar bisnis online,. Jika bicara mengenai bisnis online, maka itu terlalu luas, artinya ada banyak sekali jenis bisnis online yang ada saat ini, namun yang paling populer saat ini adalah :

  1. Publishing
  2. Brokerage
  3. Affiliate
  4. Subscription
  5. Online Shop

Kelima bisnis online diataslah yang saat ini sedang digandrungi para internet marketers, alasannya sederhana, karena kelima bisnis online diatas mempunyai peluang sukses yangbesar, dilain sisi juga bisa dikerjakan tgratis alias anpa modal.

Untuk Anda yang masih asing dengan kelima jenis bisnis online diatas, maka akan saya jelasakan pengertiannya satu per satu untuk Anda, dan tentu saja tak lupa saya beri tahu juga bagaimana cara memulai / menjalankan kelima bisnis online tersebut.

Bisnis Online Publishing


Bisnis Online Publishing

Publishing Online atau dalam bahasa indonesia berarti penerbitan online adalah sebuah kerjasam periklanan antara Anda (sang pemilik situs blog) dengan para pengiklan.

Orang yang bekerja dalam bidang publishing ini biasa disebut sebagai publisher. Jadi bisnis online dengan menjadi publisher ini kerjanya adalah memasang iklan dari para pengiklan.

Agar lebih mudah memhaminya, akan saya berikan contoh, misalkan saya menjadi publisher, dan mematok harga sebesar 50 ribu untuk 1 slot iklan berukuran 250x250px, lalu ada orang yang ingin memasang iklan di blog saya ini, maka si pengiklan wajib membayar 50 ribu kepada saya, barulah iklan tersebut akan saya pasang.

Sudah cukup jelas bukan ? bisnis online ini hanya akan bisa berjalan jika Anda memiliki sebuah blog dengan pengunjung yang banyak, karena para pengiklan biasanya mencari blog-blog besar untuk memasang iklan mereka.

Bisnis Online Brokerage


Bisnis Online Brokerage

Brokerage bisa Anda artikan sebagai seorang makelar, jadi tugas Anda disini adalah menjualkan produk orang lain, dan jika Anda berhasil menjualkannya, maka Anda akan mendapatkan royalti khusus dari orang yang produknya Anda jualkan tadi. Istilah lain brokerage adalah dropship.

Untuk memulai bisnis online brokerage biasanya kita akan mengalami kesulitan saat si penjual menanyakan atau ingin melihat barang yang kita jual, karena seorang online brokerage tidak memegang barang ia jual, karena tugas dia disini hanyalah menjualakkannya, dan posisi barang ada di penjual asli.

Namun jangan khawatir, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa melakukan cara berikut ini :

  1. Tulis dengan font yang besar "Tidak Menerima COD"

    Ini artnya Anda menolak untuk bertemu langsung dengan penjual, jika ditnaya kenapa buat saja alsan bahwa Anda orangnya sibuka atau alasan lain yang masuk akal.

  2. Bilang "Hanya ada Toko Online tidak ada Toko Offline"

    Ini adalah cara yang cukup ampuh selanjutny, yaitu dengan mengatakan bahwa Anda tidak memiliki toko offline jadi hanya berjualan online saja.

  3. Katakan apa adanya

    Bilang ke pelanggan kalau Anda hanya seorang broker atau makelar, jadi pemilik barang tersebut bukan Anda, beberapa pelanggan akan menerma dengan ikhlas.

Ketiga cara diatas akan membantu Anda terhindari pelanggan yang ingin bertemu langsung. Atau mungkin Anda memiliki cara lain yang lebih ampuh ?

Bisnis Online Affiliate


Bisnis Online Affiliate

Affiliate merupakan sebuah bisnis online yang mewajibkan Anda untuk mengajak orang lain bergabung pada sebuah program. Bisnis Affiliate yang paling terkenal saat ini adalah Affiliate Amazon.

Dimana Anda akan mendapatkan royalti sebesar 6% setiap penjualan yang dilakukan oleh orang yang Anda aja, jadi meskipun Anda tidur, Anda akan tetap mendapatkan uang, selama orang yang Anda aja bergabung (refferal) bisa menjual sebuah produk.

Jika tertarik mencoba bisnis Affiliate dari Amazon maka berikut saya berikan cara daftar / membuat akun di Amazon.

  1. Buka situs https://affiliate-program.amazon.com

    Bisnis Online Affiliate Amazon 1

    Setelah halaman amazon terbuka, silahkan Anda klik tombol Join Now for Free.

  2. Masukkan email dan pilih I am a new customer

    Bisnis Online Affiliate Amazon 2

    Pada kolom email silahkan Anda masukkan alamat email Anda, dan selanjutnya berikan ceklis pada kalimat "I am a new customer", jka sudah dan klik tombol Sign In using our Secure Server.

  3. Ketikkan username dan password

    Bisnis Online Affiliate Amazon 3

    Kali ini Anda diwajibkan untuk memasukkan username dan juga password, isi semuaya jika sudah silahkan klik Create Account.

  4. Isi seluruh kolom sesuai dengan data diri Anda

    Bisnis Online Affiliate Amazon 4

    Akan ada banyak sekali kolom yang harus Anda isi, seperti payee name (nama asli), address (alamat), kota dan juga nomor hp, jika semua sudah Anda isi klik. Next: Your Website Profile.

Lanjutkan sampai proses pendaftaran selesai, maka nantinya Anda akan mendapatkan sebuah link. Link tersebut dinamak link referral, jadi tugas Anda selanjutnya adalah membagikan link tersebut ke teman-teman Anda yang ada di Facebook / Twitter, dan jika mereka bergabung dan bisa menjualkan barang, maka seperti yang saya katakan diatas, Anda akan mendapatkan komisi 6%.

Bisnis Online Subscription


Bisnis Online Subscription

Pernah mengunjungi situs yang mewajibkan Anda untuk membayar sebelum menjadi anggota, biasanya ini terdapat situs yang berjenis forum, jadi jika seseorang ingin bergabung dengan forum tersebut, maka mereka diwajibkan untuk membayar keanggotan, yang besarnya tergantung dari yang ditetapkan oleh pemilik forum.

Bisnis Online diats juga bisa Anda terapkan dan coba sendiri, misalnya Anda membuat situs tutorial SEO dengan beragam tingkat :

Tingkat 1 : Dasar SEO
Tingkat 2 : SEO Menengah
Tingkat 3 : SEO Lanjut

Jadi nanti jika ada pengunjung yang ingin belajar seo tingat lanjut maka mereka wajib membayar terlebih dahulu, dan masa berlaku kenaggotaan tersebut juga bisa Anda tetapkan sendiri, misalnya hanya berlaku selama 30 hari. Untuk penentuan harga, semakin tinggi tingkat yang ingin dipelajari maka biaya yang harus dibayar juga semakin tinggi. Dan bisnis ini juga sangat ampuh untu mendatangkan penghasilan bulanan.

Bisnis Online Shop


Bisnis Online Shop

Online Shop adalah sebuah bisnis yang paling banyak dikerjakan oleh banyak orang, selain karena pasa yang luas, bisnis online dengan membuat online shop juga memiliki banyak manfaat lain seperti :

Untuk Pelanggan :

  • Fleksibel, bisa diakses dimana saja dan kapan saja oleh pelanggan
  • Memudahkan pelanggan mencari barang yang diinginkan
  • Privasi tetap terjaga

Untuk Pemilik Online Shop :

  • Menghemat biaya promosi
  • Tidak capek promosi
  • Pelangan bisa datang dari mesin pencari

Dan masih banayk lagi manfaat dari membuat online shop untuk keperluan bisnis online.

Dari kelima bisnis online diatas, bisnis affiliate marketing dan publishing lah sajauh ini yang paling diminati. Karena uang yang ddidapat dari kedua cara tersebut terbilang sangat besar, selain itu cara mendapatkan uang dari internet dengan kedua bisnis tersebut terbilang cukup mudah dibanding bisnis online lainnya.

Apapun bisnis online yang Anda pilih, pastikan untuk selalu konsiten dalam menjalankannya, jangan sampai satu belum berhasil sudah mencoba bisnis online yang lain. Itu namanya tidak fokus dan justru akan membuat Anda repot sendiri, karena harus menjalankan dua bisnis dalam satu waktu. Yang tak kalah penting yaitu selalu pastikan bahwa Anda memilih bisnis online tersebut berdasarkan passion (kesukaan) dan bukan karena uang, karena jika sebuah bisnis didasarkan atas passion, maka kita tidak akan merasa bosan saat bekerja, dan ini jelas akan membawa dampak baik pada masa depan bisnis yang kita kerjakan.
Previous

Next Post »