Cara Mendatangkan Pengunjung ke Blog dari Situs Populer

Cara Mendatangkan Pengunjung ke Blog

Ada berbagai cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog, yang paling sering digunakan tentu saja dengan SEO atau salah satu cara mendatangkan visitor / pengunjung ke blog melalui perantara mesin pencari seperti Google dan Bing.

Selain dari bantuan mesin pencari, sebenarnya masih banyak cara atau lebih tepatnya situs lain yang juga bisa kita manfaatkan untuk membantu meningkatkan pengunjung blog.

Ada beberapa situs untuk mendatangkan pengunjung selain dari mesin pencari yang saya rasa cukup ampuh, beberapa diantaranya adalah situs media sosial, situs berbagi video, situs tanya jawab dan masih banyak lagi lainnya yang akan kita bahas secara mendalam di artikel ini.

Biaya untuk melakukan promosi guna mendatangkan pengunjung ke blog dari seluruh jenis situs yang saya sebutkan diatas adalah gratis. Artinya Anda bebas mempromosikan produk, blog atau jasa apapun sepuasnya tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun.

Disini saya tidak hanya akan menjelaskan situs mana saja yang memiliki potensi traffic tinggi, lebih dari itu akan saya berikan pula tutorial singkat bagaimana cara mendatangkan pengunjung dari situs-situs populer tersebut untuk diarahkan ke blog Anda.

Sebagai referensi, berikut daftar situs populer yang nantinya akan kita gunakan untuk mendatangkan pengunjung ke blog :

Situs Media SosialSitus Berbagi VideoSitus Tanya Jawab
Facebook YouTube Yahoo Answer
Twitter Ask
Google Plus

Kita mulai pembahasan pertama mengenai cara mendatangkan pengunjung dari Facebook, dan akan dilanjut penjelasan mendatangkan pengunjung dari situs Twitter, Google Plus, YouTube dan yang terakhir adalah dengan memanfaatkan situs tanya jasa seperti Yahoo Answer dan Ask.

1. Mendatangkan pengunjung dari Facebook


Salah satu alasan kenapa saya meletakan Facebook pada urutan pertama adalah dikarenakan saya sendiri sudah membuktikan kedahsyatan dari promosi di Facebook yang benar-benar terbukti mampu mendatangkan ribuan kunjungan dalam 1 hari.

Trik yang saya gunakan adalah sebagai berikut :

  1. Buat akun Facebook baru, jika belum punya silahkan buat terlebih dahulu.
  2. Kunjungi https://www.facebook.com/pages/create untuk membuat Fanspage.
  3. Beri nama Fanspage dengan unik, disinilah triknya, jangan memberi nama fanspage sama seperti nama blog Anda, tapi buat nama unik, misalnya 'komunitas pecinta seo' atau semacanya.
  4. Bagikan artikel blog secara manual ke Fanspage, jangan menggunakan fitur share otomatis, karena persentase post tersebut terlihat fans akan jauh lebih kecil dibanding membagikannya secara langsung.

Lakukan secara rutin, agar penggemar Fanspage Facebook Anda bertambah secara pesat.

Jika Fanspage Facebook yang Anda buat sudah memiliki puluhan ribu fans, maka untuk mendapatkan ribuan pengunjung dari Fanspage Facebook bisa dipastikan akan sangat mudah.

2. Mendatangkan pengunjung dari Twitter


Berbeda dengan Facebook yang memiliki fitur Fanspage, hal tersebut tidak berlaku untuk Twitter, karena di situs Twitter tidak memiliki fitur tersebut, tapi tentu saja tetap ada cara lain untuk mengakalinya.

  1. Buat akun Twitter dengan nama unik, ya, disini kita akan menggunakan akun Twitter baru yang khusus digunakan untuk melakukan promosi, padnuannya bisa Anda baca di Cara Membuat Twitter.
  2. Tuliskan tweet yang unik dan mengundang banyak retweet, seperti contohnya kata-kata bijak atau bisa juga membagikan foto-foto unik.
  3. Lakukan promosi blog di sela-sela Anda membagikan tweet kata-kata bijak.

Jika perlu, Anda juga bisa mengajak akun twitter lain untuk melakukan salprom (saling promosi), hal ini sangat bagus untuk meningkatkan jumlah follower pada kedua akun Twitter.

3. Mendatangkan pengunjung dari Google Plus


Ini dia juaranya, situs media sosial yang mungkin didesain untuk para blogger yang ingin melakukan promosi, karena sejauh yang saya amati, media sosial Google Plus memang penuh dengan link dan sangat minim status murni apalagi status yang berisi foto.

Untuk mendatangkan pengunjung dari Google Plus sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Facebook, dimana kita akan sama-sama membuat page atau halaman khusus untuk melakukan promosi.

  1. Buat halaman baru di Google Plus untuk melakukan promosi, silahkan klik https://plus.google.com/pages/create untuk membuat halaman baru.
  2. Pilih jenis halaman 'product / brand'.
  3. Isi semua data seperti deskripsi halaman, foto profil hingga foto sampul.
  4. Promosikan halaman tersebut di profil Google Plus Anda.

Cara lain yang lebih ampuh adalah dengan bergabung ke bebagai komunitas, misalnya Anda memiliki blog dengan niche kesehatan, maka silahkan cari komunitas yang memiliki topik sama dan mulailah promosi disana, sebelumnya lihat terlebih dahulu apakah komunitas tersebut mengijinkan untuk pomosi blog atau tidak.

4. Mendatangkan pengunjung dari YouTube


Satu lagi produk Google yang bisa kita gunakan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung di blog, yaitu dengan menggunakan situs layanan berbagai video YouTube.

Cara kerjanya sangat sederhana, kita upload video lalu memberikan link pada video tersebut. Sesederhana itu ? tentu tidak.

  1. Buat akun YouTube terlebih dahulu.
  2. Buat channel baru dengan nama yang ada kaitannya dengan niche / topik blog Anda.
  3. Upload beberapa video, tidak bisa membuat video ? gunakan fitur membuat video youtube, dimana Anda hanya perlu mengupload beberapa foto untuk dijadikan video.
  4. Tambahkan kata kunci sesuai dengan artikel blog Anda pada judul video tersebut.
  5. Setelah video berhasil terpublish, masuk ke Annotation dan mulailah bereksperiment misalnya dnegan menambahkan tombol 'Baca Selengkapnya' dan arahkan link pada blog Anda.

Disini kita memanfaatkan Authority dari situs yang sangat tinggi, jadi sangat berpeluang tinggi masuk halaman pertama Google, kedua kita juga memanfatakan banyaknya user yang ada di YouTube, kesimpulannya ada dua peluang untuk mendatangkan pengunjung dari YouTube.

5. Mendatangkan pengunjung dari Yahoo Answer


Yahoo Answer atau sering juga disingkat YA adalah situs tanya jawab terpopuler saat ini, hampir setiap menit ada pertanyaan dan jawaban baru, menandakan betapa aktifnya para pengguna Yahoo Answer.

Lantas 'bagaimana cara memanfaatkan situs Yahoo Answer ini untuk mendatangkan pengunjung ke blog ?' kita akan membantu memberikan solusi sekaligus promosi.

  1. Pertama, silahkan gunakan fitur search untuk mencari pertanyaan yang berkaitan dengan niche blog Anda.
  2. Jawab satu per satu pertanyaan tersebut, usahakan jawaban Anda yang paling lengkap diantara jawaban lain.
  3. Masukkan link blog pada kolom sumber.

Jika penanya puas dengan jawaban yang Anda berikan, maka jawaban Anda akan berada pada posisi paling atas dan secara otomatis jika ada pengunjung lain yang membaca pertanyaan tersebut, bisa dipastikan akan langsung bisa melihat link blog Anda dan bukan tidak mungkin akan diklik oleh pembaca tersebut.

6. Mendatangkan pengunjung dari situs Ask


Ask.com merupakan situs populer terakhir yang saya bahas di artikel ini, meskipun yang terakhir namun mendatangkan pengunjung dari situs Ask.com terbilang masih efektif, meskipun tidak seampuh rivalnya yaitu Yahoo Answer.

Konsepnya sama saja dengan Yahoo Answer, dimana kita akan menjawab setiap pertanyaan yang berkaitan dengan niche blog, dan tentunya menyisipkan link blog sebagai sumber.

Ada dua manfaat yang akan kita dapatkan dari melakukan cara promosi seperti ini :

  1. Potensi pengunjung.
  2. Backlink berkualitas.

Ya, kita bukan hanya berpotensi mendapatkan pengunjung saja, namun juga akan mendapatkan backlink berkualitas karena berasal dari konten yang setopik.

Kesimpulan


Bicara mengenai cara-cara mendatangkan pengunjung ke blog, sebenarnya ada satu cara yang cukup efektif untuk mendatangkan pengunjung secara berkelanjutan, tanpa harus jago SEO dan tanpa perlu capek-capek promosi, yaitu dengan mengajak pengunjung untuk melakukan kunjungan balik.

Cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan memberikan janji kepada pembaca, misal Anda membuat artikel tentang Ebook, janjikan kepada pembaca bahwa besok atau lusa akan ada Ebook Gratis lagi dan minta pengunjung untuk kembali lagi ke blog Anda guna mendownload Ebook Ekslusif tersebut.

Artikel ini bisa juga disebut sebagai cara mendatangkan pengunjung ke blog tanpa SEO, saya katakan demikian karena disini kita tidak menggunakan bantuan mesin pencari atau teknik SEO apapun untuk mendatangkan visitor ke blog.

Itu saja informasi dari saya tentang cara yang saya gunakan untuk untuk mendatangkan ribuan atau bahkan ratusan ribu pengunjung ke blog dari berbagai situs populer tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis.
Previous

Next Post »