Menghadapi Update Algoritma Terbaru Google Mobilegeddon

Artikel kali ini akan membahas mengenai apa saja persiapan yang harus dilakukan oleh para webmaster dalam rangka menghadapi update algoritma terbaru Google Mobilegeddon yang kabarnya bakal diluncurkan pada tanggal 21 April.

Tujuan utama dari diluncurkannya algoritma Mobilegeddon adalah untuk memperbaiki hasil pencarian yang dilakukan pada perangkat mobile. Sementara untuk hasil pencarian Google yang dilakukan melalui Desktop tidak akan mengalami perubahan akibat update algoritma Mobilegeddon.

Pada bulan November tahun lalu, Google sebenarnya sudah melakukan eksperimen terkait dengan pengoptimalan hasil pencarian pada perangkat mobile, dengan memberikan label "Mobile-Friendly" kepada blog yang dianggap memenuhi kriteria blog Mobile-Friendly (versi Google).

Eksperimen tersebut kini terus dikembangkan hingga akhirnya, secara resmi Google mengumumkan bahwa akan ada update besar-besar pada algoritma mereka yang menyangkut hasil pencarian pada perangkat mobile dengan meluncurkan Google Mobilegeddon.

Saya yakin, akan terjadi perombakan besar-besaran yang nanti akan terjadi pada hasil pencarian mobile, meskipun tidak real time karena tentunya butuh waktu / proses.

Blog yang memenuhi kriteria Mobile-Friendly bisa dipastikan akan mengalami peningkatkan ranking dan sebaliknya blog yang tidak Mobile-Friendly harus rela menerima jika blognya tergusur dari halaman pertama.

Saya yakin tak ada satupun yang menginginkan hal tersebut (penurunan ranking) menimpa blognya, bukan ? untuk itulah penting bagi kita selaku para webmaster atau pemilik situs blog / website untuk memastikan bahwa tampilan template blog sudah termasuk kedalam kriteria yang Mobile-Friendly.

Ada 3 Tips yang akan saya berikan di artikel ini, terkait dengan pengoptimalan blog Anda untuk menghadapi algoritma terbaru Google Mobilegeddon.

1. Buatlah aplikasi Mobile untuk Blog Anda


Aplikasi Mobile Untuk blog

Jika Anda menyimak informasi yang diberikan oleh Google melalui blog resminya terkait dengan peluncuran algoritma Mobilegeddon, maka Anda akan menemukan beberapa kalimat yang intinya menjelaskan bahwa Google juga akan menggunakan aplikasi yang terinstall sebagai salah satu ranking factor.

Starting today, we will begin to use information from indexed apps as a factor in ranking for signed-in users who have the app installed.

Jika Anda tidak begitu paham dengan bahasa pemrograman dan belum mampu membuat aplikasi untuk blog Anda sendiri, berarti kita sama. Namun tak perlu khawatir, karena selalu ada solusi di setiap masalah.

Solusinya adalah dengan menggunakan layanan pembuatan aplikasi gratis, seperti AppsGeyser dan AppYet atau jika ingin tampilan yang lebih bagus bisa menggunakan jasa pembuatan aplikasi mobile berbayar seperti GoNative.

2. Maksimalkan tampilan templata pada Tablet


Tampilan Template Tablet

Seringkali kita hanya fokus memperbaiki tampilan template untuk perangkat desktop dan smartphone, seolah kita lupa bahwa ada satu perangkat lagi yang jumlah pemakainya tak kalah banyak. Perangkat yang saya maksud adalah tablet.

Untuk melakukan pengecek.an tampilan template blog pada perangkat teblet, Anda tidak perlu harus membeli tablet baru, karena kini telah tersedia berbagai tools gratis yang bisa kita gunakan untuk melihat tampilan blog ketika diakses dari tablet.

Sejauh yang saya tahu ada 3 tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengetes.an, ketiga tools tersebut diantaranya adalah :


Dengan ketiga tools diatas, Anda bisa melihat bagaimana tampilan blog ketika diakses dari perangkat apapun, baik itu smartphone, tablet maupun desktop.

3. Pastikan blog Anda lolos Google Mobile Test


Google Mobile-Friendly Test

Sudahkah Anda mendengar Google Mobile-Friendly Test ? jika belum, akan saya jelaskan secara singkat mengenai tools tersebut. Mobile-Friendly Test adalah tools yang dikembangkan oleh Google untuk para webmaster yang ingin mengoptimalkan tampilan pada template mobile mereka.

Kabar baiknya, Google tak hanya menyediakan tools untuk melakukan pengecek.an tampilan mobile-friendly saja, lebih dari itu Google juga memberikan semacam panduan lengkap untuk membuat situs Anda menjadi mobile-friendly.

Panduan tersebut bisa Anda akses secara gratis langsung melalui halaman Webmaster's Mobile Guide.

Secara garis besar, pada panduan tersebut akan dijelaskan beberapa poin penting terkait pengoptimalan template mobile yang harus dilakukan oleh para pemilik website / blog agar mampu memberikan pengalaman yang baik untuk pengguna mobile dan Anda juga bisa membaca panduan Mobile SEO. langsung dari Google.

Itulah penjelasan singkat dari saya mengenai Update Algoritma Terbaru Google Mobilegeddon, tolong jangan hanya dibaca tapi segeralah mempraktekkannya, karena kita hanya punya waktu beberapa jam saja untuk membuat blog kita menjadi Mobile-Friendly sebelum peluncuran Mobilegeddon.

Mobile Friendly Rolling OutGoogle Resmi Meluncurkan Update Algoritma Mobilegeddon
Update : 22 April 2014

Melalui Official Google Webmaster Central Blog diumumkan peluncuran algoritma mobilegeddon pada hari Selasa, 21 April.

Kita semua tentu berharap update algoritma kali ini membawa dampak baik pada blog yang kita kelola.
Previous

Next Post »