Panduan Lengkap Belajar Cara Memulai Bisnis Online dengan Blog

Cara Memulai Bisnis OnlineAda banyak cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan uang dari internet, salah satunya adalah dengan memanfaatkan blog sebagai media memulai bisnis online, tapi bagaimana cara memulainya ? tenang, di artikel ini Anda akan mendapatkan jawabannya, karena disini kita akan belajar mengenai cara memulai bisnis online dengan blog, dari mulai tahap pembuatan blog, memilih program / jenis bisnis online yang tepat, sampai tahap mematangkan blog agar siap menghasilkan uang atau lebih tepatnya dollar.

Mungkin langsung saja, berikut adalah panduan lengkap untuk belajar cara memulai bisnis online dengan blog yang baik dan benar agar cepat menghasilkan uang.

Tahap 1 Memilih Niche


Niche Blog adalah tema yang dibahas oleh suatu blog. Niche yang populer digunakan oleh para Blogger saat ini diantaranya adalah :

  • Desain
  • Bisnis
  • Kesehatan
  • Automotive
  • Tips & Trik Blogging

Kelima niche diatas akan jamak Anda temui jika berkunjung di blog para pebisnis online indonesia, karena kelima niche yang saya tulis diatas merupakan niche yang tergolong dalam HPK (High Paying Keywords). Apa itu HPK ? lebih jelasnya akan kita bahas nanti dibawah, sekarang kita lanjut ke Tahap 2.

Tahap 2 Membuat Blog


Tahap kedua adalah tahap pembuatan blog baru setelah Anda mendapatkan niche yang dirasa tepat untuk blog yang akan Anda buat. Ada banyak platform blog yang bisa Anda coba untuk membuat blog secara gratis, salah satunya adalah yang sedang saya gunakan sekarang, yap Blogger.

Cara untuk membuat blog di Blogger sangat mudah, caranya bisa Anda baca dibawah ini :

  1. Buat email gmail terlebih dahulu
  2. Kunjungi blogger.com, dan log in dengan akun gmail Anda
  3. Klik tombol 'blog baru'
  4. Masukkan judul dan alamat blog, lalu klik 'buat blog'

Selesai sudah, hanya butuh 3 - 4 langkah saja, maka Anda sudah berhasil membuat 1 buah blog baru di Blogger. Dan jika dirasa tutorial / panduan membuat blog diatas terlalu singkat dan susah untuk dipahami, silahkan Anda baca tutorial / cara membuat blog lengkap dengan gambar di artikel ini http://carabelajarseo.blogspot.com/2014/10/cara-membuat-blog-gratis-mudah-dan.html.

Tahap 3 Membuat Artikel di Blog


Selesai membuat blog, maka tahap selanjutnya atau tahap ketiga adalah membuat artikel di blog yang baru Anda buat tersebut. Karena diatas Anda sudah menentukan sebuah niche, maka artikel yang dibuat juga harus terkait dengan niche yang Anda pilih.

Sebagai contoh Anda memilih niche kesehatan, maka artikel yang Anda buat haruslah berkaitan dengan kesehatan, misalnya :

  • Tips gaya hidup sehat
  • Cara hidup sehat alami
  • Makanan-makanan sehat

Intinya jangan sampai Anda keluar dari niche yang Anda pilih diawal. Manfaat atau Fungsi yang akan Anda dapat dari menggunakan satu niche dalam satu blog adalah bisa meningkatkan jumlah pageview yang secara otomatis akan membuat bounce rate turun, dan artikel di SERP juga akan semakin kuat karena SEO Interlinking bisa kita terapkan dengan mudah.

Tahap 4 Mempromosikan Blog


Membuat blog tanpa promosi itu ibarat membuat acara pernikahan tanpa membuat undangan, pasti akan sepi bukan ? untuk itulah disini kita akan menggunakan jejaring media sosial seperti Facebook untuk mempromosikan blog yang kita buat.

Cara mempromosikan blog di media sosial terutama Facebook sebenanrya cukup mudah, yang perlu Anda lakukan hanyalah :

  1. Buat Facebook Fanpage
  2. Pilih nama Fanpage yang menarik
  3. Bagikan link blog Anda di Fanpage tersebut
  4. Undang teman untuk menyukai Fanpage yang baru Anda

Dengan begitu otomatis teman-teman akan datang dan mengecek Fanpage apakah yang baru Anda buat, itulah mengapa saya mewajibkan Anda untuk memilih nama Fanpage yang menarik, dengan tujuan agar teman-teman Anda tertarik untuk membuka Fanpage tersebut. Jadi sebisa mungkin gunakan nama yang berbau komunitas, misal Anda punya blog kesehatan, maka nama Fanpage bisa Anda pilih 'Komunitas Cinta Sehat'.

Tahap 5 Memonetisasi Blog


Monetisasi Blog adalah tahap dimana kita menguangkan blog tersebut atau lebih tepatnya sebuah tahap dimana kita akan mencoba untuk mencari / mendapatkan uang dengan memanfaatkan blog yang kita miliki tersebut.

Berikut adalah cara memonetisasi blog yang sudah memiliki traffic / visitor ribuan orang per hari :

  • Menjual slot iklan
  • Memasang iklan PPC (Pay Per Click)
  • Menawarkan jasa review
  • Menyediakan guest post berbayar

Dan masih banyak lagi cara mendapatkan uang dari internet menggunakan blog yang bisa Anda coba, seperti bermain affiliate marketing dan meningkatkan penjualan produk dengan mempromosikannya di blog.

FAQ :

Kenapa harus bisnis online ? karena peluang bisnis online sangat cerah di masa yang akan datang, hal ini bisa kita lihat dari jumlah pengguna internet yang terus bertambah tiap tahunnya.

Itulah gambaran singkat mengenai bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Dengan Blog yang saya khususkan untuk teman-teman yang ingin Belajar Bisnis Online namun terkendala dengan modal, maka berbisnis dengan menggunakan Blog adalah solusinya. Selamat mencoba.
Previous

Next Post »