Cara Membuat Toko Online dengan Wordpress dalam 7 Menit

Bagi sebagian orang yang sudah jago dalam membuat website, mungkin Cara Membuat Toko Online dianggap sebagai pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan, namun bagi sebagian lainnya, khususnya untuk pemula, jika ditanya cara membuat toko online maka bisa dipastikan mereka akan merasa kesulitan dalam menjawabnya, karena memang saya akui dalam pembuatan toko online juga bukan hal yang mudah, dimana kita dituntut untuk menyiapkan beberapa hal seperti :

  • Hosting
  • Domain
  • CMS Wordpress, dan
  • Plugin

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena keempat hal diatas bisa Anda dapatkan secara gratis, karena memang wordpress sendiri meruppakan CMS Open Source, dan untuk Hosting & Domain bisa kita sewa juga secara gratis melalui hostinger lokal / hostinger luar negeri.

Dari sini saya anggap Anda sudah mengerti bahan apa yang harus disiapkan dalam membuat toko online, maka untuk mempermudah Anda dalam memahami cara membuat toko online ini, maka saya akan membagi artikel ini menjadi 2 bagian :

  • Cara Memesan Hosting & Domain
  • Cara Membuat Toko Online

Diatas, adalah rangkaian tutorial mengenai cara membuat toko online, dimulai dari memesan hosting dan domain, lalu dilanjut membuat toko online dengan memasang CMS Wordpress dan Plugin.

Cara Memesan Hosting & Domain Untuk Membuat Toko Online


Seperti yang saya katakan diatas, bahwa untuk membuat toko online, maka diperlukan Hosting sebagai tempat untuk menyimpan file (gambar) dan Domain sebagai alamat dari toko online kita.

Untuk memesan kedua hal tersebut (domain dan hosting), maka kita akan menggunakan layanan dari HapHost. Untuk langkah / cara memesan hosting dan domain gratis di HapHost bisa Anda ikuti caranya dibawah ini :

  1. Kunjungi http://haphost.com/


    Jika halaman depan HapHost sudah terbuka, silahkan Anda klik 'Get Free Web Hosting' lalu silahkan Anda lanjutkan dengan mengklik 'Sign Up with Your Email Address'.

  2. Isi Nama, Email dan Password


    Silahkan masukkan Nama Anda, alama Email dan juga Password. Perlu dicatat bahwa HapHost hanya mengijinkan satu kali pendaftaran dalam 1 IP, artinya Anda tidak bisa mendaftar / membuat akun lagi dengan IP yang sama.

  3. Klik Link Verifikasi di Email


    Buka email yang Anda isikan di HapHost tadi, selanjutnya silahkan Anda cari email dari HapHost lalu klik link verifikasi yang terdapat di dalam email tersebut.

  4. Klik WebHosting lalu pilih 'subdomain on one of our domains'


    Lalu Anda akan disuruh memasukkan nama / alamat toko online Anda, ini adalah tahap pemesanan Hosting dan Domain. Silahkan Anda pilih nama domain yang baik dan menjual. Jika sudah silahkan klik Save.

Dari keempat langkah diatas, itu artinya kita sudah menyelesaikan pemesanan domain dan hosting, selanjunya kita akan belajar bagaimana cara membuat toko online, dari mulai install cms sampai cara posting jualan kita.

Cara Membuat Toko Online Gratis Dengan Wordpress


Membuat toko online di Wordpress, membutuhkan plugin. Plugin yang akan kita gunakan disini adalah Wp e-Commerce, sebuah plugin gratis terbaik yang akan mempermudah kita dalam membuat toko online di Wordpress dengan sekali klik.

Silahkan ikuti panduan dibawah ini mulai membuat toko online menggunakan CMS Wordpress.

  1. Install CMS Wordpress


    Jika Anda sudah berhasil memesan Hosting dan Domain di HapHost, selanjutnya silahkan Anda masuk ke Cpanel lalu pilih menu Instalasi, jika sudah, cari dan klik CMS Wordpress untuk menginstallnya.

  2. Buka Wordpress Admin


    Setelah menginstall CMS Wordpress, selanjutnya silahkan Anda masuk ke menu admin panel, caranya dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin. Sebagai contoh web saya adalah blabla.sharethis.net/wp-admin

  3. Klik Plugins > Add New


    Jika sudah masuk ke akun Wordpress Anda, silahkan klik Plugins dan pilih Add New untuk menambahkan plugin baru.

  4. Ketik 'WP e-Commerce'


    Gunakan search bar, untuk mempermudah Anda dalam mencari plugin WP e-Commerce. Jika sudah, klik plugin lalu pilih Install Now.

Selesai sudah, kini Anda sudah berhasil membuat sebuah Toko Online, inti dari cara membuat toko online ini sebenarnya sederhana, yaitu kita hanya perlu memesan hosting & domain dan menyiapkan cms wordpress & plugin.

Itulah Cara Membuat Toko Online dengan Wordpress yang bisa saya bagikan ke Anda, dan cara diatas sudah saya coba sendiri dan hasilnya berhasil dengan baik. Saya rasa tidak terlalu sulit untuk membuat Toko Online, bahkan jika cepat Anda bisa membuat toko online dalam waktu 7 Menit saja, itu saja dari saya selamat mencoba.
Previous

Next Post »