4 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Hingga Jutaan Rupiah

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Menghasilkan uang dari blog sebenarnya bisa kita lakukan dengan banyak sekali cara, namun kali ini (di artikel ini) saya hanya akan membahas 4 cara mendapatkan uang dari blog yang benar-benar sudah terbukti membayar, dan kabar baik lainnya untuk Anda adalah cara mendapatkan uang dari blog yang akan saya bagikan ini tidak memerlukan modal alias bisa Anda kerjakan secra gratis.

Kita kembali ke topik, jika kita membahas mengenai 'cara mendapatkan uang dari blog' tentu harapan saya semua dari Anda yang membaca artikel ini minimal telah memiliki 1 buah blog, baik itu di Wordpress maupun Blogger, dan jika ada dari Anda yang belum memiliki Blog, saran saya silahkan Anda buat dulu, tutorial mengenai cara pembuatan blog gratis dari awal sampai akhir bisa Anda baca pada artikel berikut ini Cara Membuat Blog.

Baik, jika Anda sudah memiliki blog, itu artinya Anda sudah siap untuk monetize / mengungangkan blog tersebut, dengan keempat cara mendapatkan uang dari blog dibawah ini.

1. Menjual Slot Iklan


Cara pertama dan juga sekaligus menjadi cara paling mudah untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual spot / slot iklan. Caranya Anda bisa mulai melakukan pemasaran untuk menawarkan spot yang ada di Blog Anda untuk di pasang iklan dari si Advertiser, untuk mendapatkan Advertiser atau Pengiklan sebenarnya cukup mudah, selama Blog Anda memiliki traffic / visitors yang banyak, maka saya yakin Advertise akan datang dengan sendirinya, dan ini terjadi pada saya.

Untuk mempermudah Anda dalam menentukan harga sebuah spot iklan, maka akan saya beri sedikit gambaran untuk Anda.

Visitors 1000+

Iklan 125x125 px = Rp. 50.000
Iklan 250x250 px = Rp. 75.000
Iklan 728x90 px = Rp. 100.000

Visitors 2500+

Iklan 125x125 px = Rp. 100.000
Iklan 250x250 px = Rp. 125.000
Iklan 728x90 px = Rp. 150.000

Visitors 5000+

Iklan 125x125 px = Rp. 125.000
Iklan 250x250 px = Rp. 150.000
Iklan 728x90 px = Rp. 200.000

Harga diatas untuk ukuran blog dengan bahasa Indonesia, saya jelaskan sedikit untuk blog dengan pengunjung 1000 orang, maka Anda bisa memasang harga untuk slot iklan 125x125 px seharga Rp. 50.000 untuk pemasangan iklan selama 1 bulan.

2. Mereview Produk Orang


Mereview atau mengulas produk orang lain juga menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang patut untuk Anda coba, karena pasalnya uang yang akan didapat bukan lagi dihitung per bulan, melainkan sudah per review, artinya semakin banyak Anda mereview, maka akan semakin banyak pula penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Anda mungkin bertanya, berapa harga untuk 1x review bukan ? sebenarnya untuk sola harga review sebuah produk tidak ada harga pasti, karena semua tergantung dari barang yang Anda review dan juga kemampuan Anda dalam mereview sebuah produk.

Jadi, menawarkan jasa review cukup berbeda dengan menawarkan slot iklan, pasalnya untuk jasa review yang dilihat oleh Advertiser adalah lebih kepada kemampuan menulis, sementara untuk penawaran slot iklan, harga yang disepakati biasanya disesuaikan dengan niche dan juga banyaknya jumlah pengunjung di blog tersebut.

3. Menjual e-Book Sendiri


Membuat eBook lalu memasarkannya di blog sendiri, bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghasilkan uang dari blog, khususnya bagi Anda yang gemar menulis. Bukan hanya gemar menulis, namun juga harus memiliki kemampuan tertentu, karena kualitas dari ebook yang Anda buat tersebut, sejatinya ditentukan oleh informasi yang terkandung di dalam eBook yang akan Anda jual.

Sedikit bocoran untuk Anda yang ingin mencari uang dari menjual ebook, saran saya jangan menjual ebook jika Anda belum terkenal, karena apa ? karena sejauh yang saya amati, elektkabilitas seseorang sangat berpengaruh pada penentuan harga dari sebuah ebook. Artinya jika Ada seseorang yang memiliki elektabilitas tinggi, maka harga ebook yang dijual juga bisa berharga mahal, namun untuk orang-orang biasa jika ingin menjual ebook perlu mempikirkan dua kali sebelum menjual ebook dengan harga yang mahal, jika ingin ebooknya laku.

Jika Anda bingung bagaimana dan dimana tempat yang tepat untuk menjual ebook, rekomendasi saya adalah cobalah untuk menggunakan Blog. Karena jika eBook Anda bisa masuk ke halaman satu Google dengan keywords yang dibidik, maka bisa dipastikan penjualan ebook tersebut akan meledak.

4. Menjadi Publisher AdSense


Cara Mendapatkan Uang dari Blog yang keempat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara pertama (menjual spot iklan), yang membedakan keduanya hanya pada kepada siapa mereka menjualnya. Jika di poin pertama saya mengajarkan Anda untuk menjadi publisher mandiri (menjual spot iklan ke orang) maka di poin keempat ini saya ingin memberikan alternatif untuk beriklan bersama AdSense.

AdSense sendiri merupakan program periklanan yang didirikan oleh Google, jadi untuk Anda yang kesulitan mencari pengiklan yang mau mengiklankan produknya di Blog Anda, maka Google AdSense adalah alternatif terbaik.

Perbedaan lain dari menjadi Publisher AdSense dengan Publisher Mandiri ada pada cara kerja pemasangan iklan, jika publisher mandiri menghitung bayaran setiap pemasangan iklan selama bulan maka berbeda untuk Google AdSense, dimana mereka menggunakan sistem PPC untuk menghitung besar penghasilan yang akan Anda dapatkan.

PPC (Pey Per Click) merupakan sebuah program dimana Anda akan dibayar setiap ada orang yang klik iklan di Blog. Jadi misal ada satu orang yang klik iklan AdSense di Blog Anda, maka secara otomatis penghasilan Anda juga akan bertambah beberapa dollar ($0.05 - $5). Semakin banyak klik iklan yang Anda dapat, tentu penghasilan yang Anda dapat juga akan semakin banyak.

Sistem yang sangat aman, dan juga bayaran yang terbilang sangat tinggi, menjadikan Google AdSense sebagai salah satu cara yang paling banyak digunakan para Blogger Indonesia untuk menghasilkan uang dari blog. Untuk Anda yang ingin belajar lebih lanjut mengenai Google AdSense silahkan baca artikel berikut ini Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense.

Jika Anda bertanya kepada saya, mana Cara Mendapatkan Uang dari Blog yang bisa menghasilkan hingga jutaan rupiah, maka saya akan menjawab semuanya. Ya semua cara mendapatkan uang dari blog yang saya sebutkan diatas, jika Anda serius maka untuk menghasilkan uang hingga jutaan rupiah atau bahkan ratusan juta rupiah sekalipun adalah hal yang mungkin untuk dilakukan, namun tentunya untuk mendapatkan semua itu diperlukan waktu yang lama dan pstinya kerja keras.
Previous

Next Post »