Cara Membuat Website Gratis Mudah & Cepat Untuk Pemula

Cara Membuat Website

Sebagian dari Anda mungkin masih ada yang menganggap sama antara Website dan Blog, padahal keduanya adalah dua hal yang jauh berbeda, baik dari segi fungsi maupun cara untuk mebuatnya, keduanya tidaklah sama. Untuk cara membuat blog mungkin sebagian dari Anda mungkin sudah tau, bukan ? yap, tinggal kunjungi situs Blogging Platform seperti Blogger, klik Create Blog, selesai, blog sudah jadi, tapi berbeda dengan cara membuat website, dimana alurnya lebih rumit dan komplek, dan alur inilah yang akan kita bahas di artikel ini.

Singkatnya, jika ingin membuat website baru, maka kita perlu menyiapkan 3 hal, yang terdiri dari :

  • Hosting
  • Domain
  • CMS

Saya tidak akan menjelaskan pengertian tentang apa itu Hosting, Domain atau CMS, karena fokus kita disini adalah membahas bagaimana cara membuat website, jadi jika masih bingung dengan ketiga istilah diatas, silahkan googling terlebih dahulu.

Baik hosting, domain maupun scripy, ketiganya bisa kita dapatkan secara gratis dengan cara mendaftar di situs penyedia Hosting Gratis atau biasa disebut dengan Hostinger.

Ada banyak Hostinger gratisan yang ada di Internet, seperti :

IDHostinger000WebHostDobelHost
HelioHostNuveHostFreeost
VlexoFree1FreeHostingAwardSpace
0-HostBatServeByetHost
0xHostMyHostFnHost

Namun, tentunya saya tidak akan membahas semuanya, karena disubu saya hanya akan menjelaskan Cara Membuat Website di IDHostinger. Alasan utama kenapa saya memilih IDHostinger adalah karena fitur yang ditawarkan menurut saya sangat lengkap dari mulai File Manager sampai Auto Installer.

Saya rasa cukup basa-basinya, langsung saja kita masuk pada pembahasan utama tentang cara membuat website, tapi sebelumnya saya harap Anda sudah memiliki 1 akun email, jika belum silahkan baca Cara Membuat Email.

Cara Membuat Website


Dari sini saya anggap Anda sudah mempunyai 1 akun email yang akan kita gunakan untuk meverifikasi Website nantinya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk buat web baru di IDHostinger :

  1. Kunjungi http://www.idhostinger.com/

    Cara Membuat Website 1

    Sebelum membuat website, maka kita perlu mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi anggota / memberi di situs idhostinger, silahkan klik Create Account untuk membuat akun baru.

  2. Daftar dengan Facebook / Google+

    Cara Membuat Website 2

    Ada dua cara untuk mendaftar di IDHostinger, yang pertama adalah menggunakan Facebook dan yang kedua adalah menggunakan akun Google. Saran saya gunakan saja Facebook.

  3. Klik 'Hosting Baru'

    Cara Membuat Website 3

    Pendaftaran akun sudah selesai pada tahap diatas, selanjutnya kita akan memesan hosting yang nantinya akan kita gunakan sebagai databse website.

  4. Klik 'Order Hosting Baru'

    Cara Membuat Website 4

    Karena kita baru pertama kali, maka pada menu Hosting akan kosong (belum ada website), namun jika kita sudah pernah membuat website, maka daftar website kita akan muncul di halaman ini.

  5. Pilih Paket 'Hosting Gratis'

    Cara Membuat Website 5

    Akan ada tiga pilihan paket hosting yang ditawarkan oleh IDHostinger, namun karena kita hanya akan membuat website percobaan saja, maka silahkan pilih paket Hosting gratis.

  6. Klik 'Lanjutkan'

    Cara Membuat Website 6

    Sebelum klik Lanjutkan silahkan Anda isi terlebih dahulu data-data yang diminta seperti nama subdomain, password dan yang terakhir adalah Captcha.

  7. Konfirmasi Pemesan Hosting dan Domain

    Cara Membuat Website 7

    Tahap terakhir dalam prosesi pembuatan template adalah mengkonfirmasi pemesanan, dengan cara mengisi Captcha dan mengklik tombol Order.

  8. Refresh Halaman

    Cara Membuat Website 8

    Akan muncul pemberitahuan bahwa pemesan hosting dan domain berhasil, selanjutnya kita akan masuk ke Cpanel, namun sebelum silahkan refresh halaman terlebih dahulu (klik F5).

  9. Klik Kelola

    Cara Membuat Website 9

    Silahkan Anda klik tand panah pada website Anda, selanjutnya silahkan pilih Kelola, dan nantinya Anda akan diarahkan ke Cpanel. (Cpanel adalah ruang kontrol website Anda)

  10. Klik Auto Installer

    Cara Membuat Website 10

    Scroll halaman ke bawah, lalu cari dan klik menu Auto Installer yang disimbolkan dengan icon berbentuk Gear. Lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar diatas.

  11. Pilih CMS Website

    Cara Membuat Website 11

    Sebagai contoh saya akan menggunakan CMS Wordpress untuk membuat website, jika Anda ingin mencoba CMS yang lain silahkan saja.

  12. Klik Install

    Cara Membuat Website 12

    Untuk menerapkan CMS yang tadi Anda pilih, silahkan klik tombol Install, namun pastikan sebelumnya Anda telah mengisi Usernam dan Password serta Judul & Deskripsi Blog.

  13. Buka Website Anda

    Cara Membuat Website 13

    Diataslah adalah contoh dari website yang baru kita buat, masih sangat sederhana, alias polos. Tugas Anda selanjutnya adalah mendownload theme untuk merubah tampilan Website Anda.

Inti daru cara membuat wesbite sebenarnya sangat sederhana, cukup cari penyedia layanan hosting gratis (hostinger gratis). Daftar / buat akun disana, dan selanjutnya silahkan pilih Auto Installer, maka kita bisa langsung membuat website hanya dengan 1 klik.

Dari sekian banyak tahap / langkah cara membuat website diatas jika dirasa ada yang kurang jelas, silahkan Anda tanyakan melalui kolom komentar, akan saya bantu jawab sebisa saya.
Previous

Next Post »