Panduan Lengkap Cara SEO Website Yang Baik di Google

Membuat Blog menjadi SEO saya akui memang bukanlah pekerjaan yang mudah, karena memang pada dasarnya SEO bukanlah sebuah ilmu yang pasti, artinya tidak ada rumus SEO yang berani menjamin blog / website Anda akan berada di urutan 1.

Begitu pula, dengan artikel / panduan lengkap cara belajar seo website yang saya tulis ini, tidak ada jaminan Blog Anda akan masuk ke Page One, namun dengan riset yang baik, kita bisa mengira-ngira, mana teknik SEO yang ampuh dan mana yang kurang ampuh.

Dan di artikel ini saya akan menjelaskan apa saja Teknik SEO Website yang ampuh, dan akan saya bagi menjadi dua cara optimasi.

  1. SEO Off Page
  2. SEO On Page

Selanjutnya, saya akan menjelaskan panjang lebar bagaimana Cara Belajar SEO yang Baik dengan menggunakan kedua Teknik SEO (off page & on page) tersebut agar Blog Anda disukai oleh Google.

SEO Off Page


SEO Off Page

SEO Off Page adalah teknik optimasi blog / web yang dilakukan melalui luar situs, dan pada dasarnya Teknik SEO Off Page ini memiliki banyak sekali jenis, diantaranya adalah :

  • Directories
  • Online Articles
  • Press Releases
  • Blog Posts
  • Social Bookmarking Links
  • Social Network Profiles

Jadi ada banyak sekali Cara SEO Off Page ini, mulai dari mencari Backlink melalui Directories seperti Yahoo / DMOZ sampai kita juga bisa mendapatkan backlink dari Social Network Profiles seperti Facebook / Twitter / Google+.

Tiap-tiap jenis backlink diatas tentu memiliki kekuatan masing-masing, ada yang sangat berpengaruh di SERP, namun ada pula yang tidak terlalu berpengaruh.

Dan jika Anda tanya saya mana yang paling ampuh ? jelas saya akan menjawab Backlink dari Directories dan disusul oleh Backlink dari Blog Posts yang relevan.

SEO On Page


SEO On Page

SEO On Page adalah sebuah teknik mengoptimalkan halaman web / blog agar disukai oleh mesin pencari seperti Google. Sengaja saya menaruh SEO Off Page diatas SEO On Page, alasan kuat saya melakukan hal tersebut karena pada dasarnya Off Page memegang peranan penting ketimbang On Page.

Secara garis besar, Teknik SEO On Page terdiri dari beberapa elemen yang harus kita perhatikan agar Website / Blog kita menjadi SEO Friendly, dan elemen yang saya maksud tersebut adalah :

Page Title


Page Title / Judul Halaman sangat berpengaruh penting pada SEO On Page, karena judul halaman akan muncul di SERP, dan juga menentukan apakah artikel Anda relevan dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengunjung Google atau tidak.

Page Title yang baik memiliki format :

  • Judul Artikel
  • Judul Artikel - Nama Blog
  • Judul Artikel | Nama Blog

Untuk Anda yang masih binung apa itu Page Title dan bagaimana cara merubahnya silahkan Googling terlebih dahulu, karena sudah tersedia ratusan tutorial untuk mengubah Page Title di Blogger.

Heading Tag


Heading Tag adalah  pengaturan heading pada blog yang diwakilkan dengan angka 1 - 6, semakin kecil maka semakin besar font yang digunakan dan menandakn semakin penting pula kata / kalimat tersebut.

Jadi misal Anda buat artikel dengan judul

Cara Menjadikan Blog SEO

Maka, wajib hukumnya untuk Anda memberikan Heading Tag pada kalimat 'Cara Menjadikan Blog SEO'. Ini gunanya untuk memberitahukan kepada Search Engine bahwa kalimat tersebutlah yang menjadi topik dari artikel yang Anda buat.

Meta Tag


Meta Tag adalah Tag HTML khusus yang akan membuat blog kita menjadi SEO Friendly, karena tugas Meta Tag disini adalah memberitahukan kepada Search Engine mengenai data-data yang ada di suatu halaman blog.

Sejauh ini ada 2 Meta Tag penting dalam SEO, yaitu :

  • Meta Tag Keywords
  • Meta Tag Descriptions

Kedua Meta Tag cukup ampuh untuk memabantu halaman artikel kita bersaing di Google. Meskipun ada yang bilang Google sudah tidak menggunakan lagi Meta Tag untuk meranking sebuah situs, namun beberapa praktisi SEO masih menyakini bahwa Google masih memasukkannya ke dalam Rank Signal.

Keywords


SEO On Page sangat erat kaitannya dengan Keywords. Namun dalam penerapannya juga tidak boleh sembarangan, misalnya kita tidak boleh terlalu banyak mengulang keywords, karena akan berpotensi terkena penalty Keyword Stuffing oleh Google.

Jadi saran saya selalu jaga Keywod Density di kisaran 1 - 5%. Untuk menghitung keyword density kita bisa menggunakan rumus berikut ini :

Jumlah Keywords : Jumlah Kata x 100 = Keywords Density %

Itulah Panduan Lengkap Cara SEO Website Yang Baik di Google dan sekali saya katakan bahwa tidak ada jaminan Blog Anda akan mendapatkan ranking 1 di Google, karena SEO itu sejatinya cukup rumit untuk dipahami, jadi yang penting sekarang adalah tulislah artikel yang berkualitas, dijamin SEO atau ranking blog Anda akan naik secara perlahan.
Previous

Next Post »