Apa itu SEO ? Definisi dan Pengertian Teknik SEO On Page & Off Page

Apa itu SEO ? Definisi dan Pengertian Teknik SEO On Page & Off Page

Dalam dunia blogging, tentu kita tidak akan asing dengan instilah SEO, namun sebenarnya Apa itu SEO ? mudahnya, Anda bisa mengartikan SEO sebagai sbuah teknik / trik yang digunakan oleh para Blogger untuk menaikkan atau meningkatkan posisi (ranking) Blog di hasil pencarian atau sering disebut SERP (search engine result page).

Pertanyaan kedua adalah, Teknik SEO apa saja yang ampuh untuk meningkatkan posisi / ranking blog di SERP (baca: google) ? jujur, jika saya jelaskan semua, maka akan butuh waktu lebih dari 1 hari, jadi disin  akan saya jelaskan dasarnya saja.

Secara garis besar, teknik SEO itu dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Teknik SEO On Page
  2. Teknik SEO Off Page

Dalam penerapannya, tiap-tiap teknik tentu memiliki varian / cara yang berbeda, jadi jika dijabarkan akan ada lebih dari ratusan Teknik SEO yang ada saat ini, dengan instilah-istilah yang dijamin akan membuat pusing, khususnya untuk para pemula yang baru Belajar SEO seperti saya.

Selanjutnya, disini saya akan menjelaskan  macam-macam Teknik SEO yang cukup populer di kalangan blogger.

  1. Teknik SEO Link Building ( Off Page )

    Link building merupakan salah satu teknik SEO Off Page yang cukup digenari oleh para praktisi SEO, pasalnya dengan menerapkan Teknik SEO ini Link Building, maka kita akan mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya adalah :

    • Aman dari Link Spam
    • Backlink dipastikan Berkualitas
    • Meminimalisir terkena Pinalti Google
    • Mempercepat pengindeksan Backlink

    Dan masih banyak keungan lain yang bakal kita dapat. Penerepan link building sebenarnya sangat mudah, yaitu kita saling menautkan link yang pada akhirnya akandiarahkan ke money site (blog kita).

    Jadi misal Anda cari backlink dari :

    • Blog A
    • Blog B
    • Blog C

    Maka sebisa mungkin jangan langsung mengarahkan ke blog kita, melainkan cobalah untuk saling memberikan link antar ketiga situs tersebut, jadi dari A ke B, dari B ke C, dari C ke Money Site.

  2. Teknik SEO Internal Link ( On Page)

    Internal Link atau sering disingkat dengan sebutan Interlink, merupakan salah satu Teknik SEO On Page yang paling ampuh untuk mendongkrak posisi antar artikel blog di SERP.

    Jadi semisal Anda buat artikel tentang 'Cara Menjadi Kaya' maka untuk membantu artikel tersebut naik ke page one Google, maka buatlah satu artikel dengan tema / niche yang sama, namun dengan judul yang berbeda, misal 'Strategi Jitu Dapat Uang Banyak'.

    Di artikel kedua itulah, Anda wajib memberikan link yang mengarah ke artikel pertama. Selain mampu meningkatkan ranking halaman blog di SERP, juga mampu meningkatkan PA (page authority) dan DA (domain authority) pada halaman artikel blog tersebut.

  3. Teknik SEO Font Style ( Off Page & On Page )

    Yang terakhir dan yang paling bnyak digunakan oleh kebanyakan blogger adalah Teknik SEO Font Style, singkatnya di teknik ini kita akan memberikan font style berupa Bold / Italic / Underline pada kata kunci yang sedang kita bidik.

    Teknik ini tidak hanya bisa digunakan untuk On Page saja, melainkan juga bisa kita terapkan saat mencari Backlink (off page) jadi sangat multifungsi,

    Untuk efeknya saya sendiri benar-benar merasakan dahsyatnya Teknik SEO ini, karena 'konon katanya' dengan memberikan font syle, semisal bold, maka itu artinya kita memberitahukan kepada Search Engine (google)  bahwa kata kunci tersebut sangat penting.

Tidak ada jaminan dengan menerapkan ketiga teknik SEO diatas, maka blog Anda akan langsung masuk Page One, karena memang faktanya Google tidak memperhitungkan banyak hal dalam meranking suatu situs / blog / webiste. Jadi bukan hanya soal Font Style / Backlink saja.
Previous

Next Post »